Cara Mudah Menggunakan DNSJumper

Posted by in Tutorial Tags: , , on September 24, 2016 Comments off
Halo kawan, sebelum ini saya sudah membahas mengenai cara setting DNS di komputer Windows secara manual. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai topik yang sama namun dengan menggunakan bantuan sebuah tool bernama DNS Jumper. Jika ada sebuah tool yang bisa digunakan, mengapa harus repot-repot setting secara manual ? Sekedar pengetahuan memang tidak ada salahnya. Dan lagi, suatu saat setting secara manual kadang diperlukan. Terkadang bila kita berseluncur menggunakan komputer publik semisal di warung internet, kita bisa melakukan setting DNS tanpa harus mencari tool untuk didownload terlebih dahulu. Seperti itu.

Setting DNS Dengan Mudah Menggunakan DNS Jumper.

dns jumper window
DNS Jumper merupakan tool gratis yang dibuat oleh Velociraptor (sordum.org). DNS Jumper berfungsi untuk mengintegrasikan DNS server kedalam sistem PC secara otomatis dan mudah dengan hanya beberapa klik. Kita juga bisa memilih DNS yang dianggap paling cepat pada saat tersebut, fitur ini dapat memilah DNS dari dua penyedia yang berbeda dengan mengambil DNS tercepat sehinnga tidak perlu repot-repot melakukan ping secara manual. Sampai saat ini, DNS Jumper tersedia dengan versi 1.0.6. DNS Jumper berguna untuk memblokir website tertentu dan tentunya dapat membuka website yang diblokir operator atau ISP. DNS Jumper juga menyediakan pilihan Bahasa Indonesia.

Cara Setting DNS Menggunakan DNS Jumper.

Download DNS Jumper.

Download terlebih dahulu DNS Jumper dari sordum.org, bisa juga dari website tempat berbagi program seperti Softpedia.
Atau anda dapat mendownload dari website kami yang telah kami sediakan di Link DNSJumper

Jalankan DNS Jumper.

DNS Jumper hasil download merupakan file terkompresi, ekstrak file tersebut ke direktori yang mudah untuk diakses. Jalankan file DnsJumper.exe.

Cari DNS Tercepat.

dns jumper fastest dns
Setelah program DNS Jumper terbuka, klik tombol ‘Find Fastest‘, disana akan muncul jendela baru yang berisi daftar beberapa DNS server. Centang check-box ‘Mixed‘ dan klik ‘Find Fastest DNS‘. Tunggu beberapa saat sampai DNS Jumper selesai melakukan ping.

Apply Fastest DNS.

Setelah DNS Jumper berhasil menemukan 2 DNS tercepat, klik tombol ‘Apply Fastest DNS‘ dan selesai.

Mengembalikan DNS Default ISP.

dns jumper restore default
Untuk mengembalikan DNS default yang diberikan oleh pihak ISP, klik tombol dropdown pada Choose a DNS Server dan pilih Default yang berada pada daftar paling atas. Klik Apply.

Seting Manual.

Untuk memasukkan DNS server secara manual, centang check-box ‘Manual DNS Server‘ kemudian isikan DNS server yang kita inginkan pada kedua kolom yang disediakan. Klik tombol refresh yang bergambar anak panah berputar untuk melakukan ping dan mengukur kecepatan ping DNS server tersebut.
Semoga bermanfaat.